Selasa, 08 Mei 2012

MANFAAT TEH HIJAU (GREEN TEA)

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Khasiat kesehatan yang paling dikenal dari teh hijau adalah  dapat menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Radikal bebas adalah sisa hasil metabolisme yang dapat berikatan dengan berbagai macam molekul dalam tubuh seperti protein, lemak,dan DNA yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, penuaan dini, peningkatan kolesterol jahat (LDL), parkinson dll. Antioksidan dalam green tea dapat menetralisir radikal bebas yang diproduksi.

Meminum teh hijau secara rutin terbukti dapat mengurangi jumlah radikal bebas. Selain itu kadar kolesterol juga menurun. Antioksidan dalam teh juga dapat menurunkan faktor resiko kanker bahkan pasien arthritis juga dapat merasakan perbedaan signifikan dengan meminum teh hijau secara rutin.

Teh hijau sebagai suplemen penurun berat badan

Kelebihan berat badan tidak hanya tidak nyaman dilihat tetapi juga buruk untuk kesehatan. Bila anda berencana menurunkan berat badan, gunakan teh hijau sebagai suplemen untuk mempercepat menurunkan berat badan dan membentuk perut. Meskipun diet sehat dan olahraga faktor utama yang paling berkontribusi terhadap penurunan berat badan tetapi teh hijau mampu membuatnya jauh lebih mudah karena teh hijau berkhasiat mempercepat metabolisme dan membersihkan toksin-toksin yang terikat pada jaringan lemak yang berarti lebih banyak pembakaran lemak.

Awet muda dengan teh hijau

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit kita terlihat lebih tua dari yang seharusnya: polusi, rokok, paparan sinar matahari, dan diet tidak sehat adalah yang paling populer. Kabar baiknya garis-garis halus, keriput dan bintik matahari semua dapat diobati dengan sentuhan teh hijau. Bila Anda pernah berburu produk anti penuaan di toko-toko, pastikan anda memilih yang yang menggunakan ekstrak daun teh hijau karena ini akan membantu secara alami menghapus setiap garis-garis halus dan bintik-bintik usia yang mungkin Anda miliki sehingga kulit anda tampak awet muda.

Manfaat Teh Hijau untuk gigi

Teh hijau alami memiliki fluoride di dalamnya, meskipun tingkat rendah, namun hal ini membantu mencegah gigi berlubang. Ini juga akan menyingkirkan bau mulut penyebab bakteri dalam mulut kita, sehingga setelah meminum secangkir teh hijau, anda akan memiliki napas yang lebih segar.

Disamping segala manfaat yang dimiliki teh hijau untuk kesehatan kita, perlu diperhatikan juga efek lain apabila kita mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan.

Untuk itu kita wajib mengetahui bagaimana dan kapan harus meminum  teh hijau ini.

Miliki kesegarannya

Menyeduh teh hijau yang segar memang sehat dan baik untuk tubuh. Anda boleh menikmatinya panas atau dingin tapi pastikan tidak disimpan lebih dari satu jam. Sebaiknya menghindari minum teh hijau saat sangat panas, karena bisa menyebabkan kanker tenggorokan. Jika Anda menyimpan teh dalam waktu yang lama, ia bisa kehilangan vitamin dan antioksidan. Selain itu, sifat anti-bakterinya juga akan berkurang. Malah, teh akan menyimpan banyak bakteri jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, segera meminumnya untuk menghindari efek samping bagi tubuh.


Satu jam sebelum makan

Orang yang diet menyukai minum teh hijau sebelum makan, karena teh hijau bermanfaat menurunkan berat badan. Teh hijau dapat mengontrol nafsu makan untuk waktu yang cukup lama. Waktu yang ideal untuk meminum teh hijau adalah satu jam sebelum atau setelah makan. Hal ini karena teh hijau mengandung kafein yang mengontrol nafsu makan. Jadi, jika diminum satu jam sebelum makan, teh hijau dapat mengendalikan rasa lapar. Jika ingin menghindari cemilan berat di sore hari, minum teh hijau dengan biskuit rendah lemak. Hindari minum teh hijau di pagi hari, terutama pada perut kosong
.


Efek samping

Teh hijau yang sangat pekat memiliki kandungan kafein dan polifenol yang tinggi. Bahan-bahan dalam teh hijau memiliki efek samping pada tubuh. Teh hijau yang kuat atau pekat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur, tekanan darah tinggi bahkan jantung berdebar



Porsinya

Mengonsumsi teh hijau berlebihan memicu efek samping. Meminumnya lebih dari 2-3 cangkir teh hijau dapat membahayakan tubuh Anda. Karena teh hijau mengandung kafein. Maksimal 3 cangkir saja setiap hari.

Semoga bermanfaat... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar